Minggu, 12 Oktober 2014

LANGKAH PEMBUATAN FUNGSI HLOOKUP DAN VLOOKUP DALAM MICROSOFT EXCEL



LANGKAH PEMBUATAN FUNGSI HLOOKUP DAN VLOOKUP DALAM MICROSOFT EXCEL

Tujuan Pembelajaran :
1.      Memberikan informasi dan pengertian tentang Fungsi Hlookup dan Vlookup dalam Microsoft Excel.
2.      Memberikan langkah-langkah dan cara penggunaan  fungsi Hlookup dan Vlookup.
3.      Menerapkan Fungsi Hlookup dan Vlookup dalam melakukan tugas/pekerjaan.

A.  Pengenalan Fungsi Hlookup dan Vlookup
Perintah atau fungsi ini merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk membantu dalam pembacaan tabel di Ms. Excel. Untuk menggunakan perintah atau fungsi ini harus dibuat dahulu dua tabel atau lebih yang digunakan untuk pembacaan tabel. Peran salah satu tabel tersebut adalah sebagai tabel pembaca dan tabel yang lainnya sebagai jtabel yang dibaca atau tabel sumber  (data source). Didalam pembuatan tabel tersebut antara tabel pembaca dan tabel sumber harus memiliki data yang sama sebagai kunci pembacaan.

B.  Langkah-langkah pembuatan Fungsi VLOOKUP (Vertikal Lookup)
Pada fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya tegak lurus atau vertikal. Bentuk umum dari fungsi ini adalah seperti berikut =VLOOKUP(Lookup Value, Table Array, Col_index_num, Range Lookup).
Keterangan :
1.      Lookup Value       : Kunci pembacaan antara kedua tabel
2.      Table array            : Range table sumber
3.      Col index_num     : nomor kolom dari tabel sumber
4.      Range Lookup      : selalu bernilai nol (boleh tidak dituliskan)

Perhatikan gambar 1.1
contoh pembuatan Fungsi Vlookup
Gambar 1.1
Langkah pembuatan :
1.      Buatlah dua tabel seperti gambar diatas
2.      Untuk mencari kolom Lulusan, maka ketiklah =VLOOKUP(C3;G5;I9;2) perhatikan gambar 1.1,
dimana C3 (kolom C baris 3) adalah kunci pembacaan antara kedua tabel di dalam tabel gaji karyawan, kemudian data yang berada di dalam tabel perbandingan harus di blok yaitu dari sel G5 sampai dengan I9, lalu bagian terakhir rumus ketikan letak kolom lulusan yaitu terletak pada kolom 2 kemudian tekan enter.
3.      Kemudian untuk mencari kolom Gaji caranya sama dengan di atas namun yang berbeda hanya penulisan rumus yang terakhir yaitu diubah ke kolom 3, karena letak gaji terletak di kolom ketiga. Perhatikan gambar 1.2 dibawah ini :
Gambar 1.2
4.      Maka dari penulisan rumus diatas akan didapatkan kolom lulusan dan gaji seperti gambar dibawah ini :
Gambar 1.3
Atau bisa dengan menggunakan fungsi Lookup di menu insert untuk mencari Lulusan ikuti langkah di bawah ini :
a.       Klik menu Insert
b.      Kemudian pilih Function
c.       Pilih Lookup and Reference
d.      Pilih Vlookup
e.       Pilih OK.
f.       Kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini :
Gambar 1.4
g.      Pada Lookup value isikan C3
h.      Pada Table Array isikan nama rangenya, yaitu pada tabel perbandingan antara G5 sampai dengan I9
i.        Pada Col index_num isikan 2 (karena pada tabel sumber kelulusan terdapat pada kolom 2)
j.        Pada Range lookup isikan 0. Kemudian klik OK.

C.  Langkah-langkah pembuatan Fungsi HLOOKUP (Horizontal Lookup)
Fungsi Hlookup (Horizontal Lookup) ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya melintang (horizontal). Bentuk umum dari fungsi ini adalah sebagai berikut =HLOOKUP(Lookup Value, Table Array, Row_index_num, Range Lookup).
Jadi yang membedakan antara Hlookup dengan Vlookup adalah Row Index_num dan Col Index_num sedangkan yang lainnya sama. Row Index_num yaitu nomor baris dari data sumber.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pembuatan Hlookup di bawah ini :
1.      Buat 2 tabel yaitu tabel sumber dan tabel Gaji seperti ini :
Gambar 2.1
2.      Untuk mencari kolom Bagian, maka ketiklah =HLOOKUP(C6;I5:L7;2)  
dimana C6 (kolom C baris 6) adalah kunci pembacaan antara kedua tabel di dalam daftar gaji pegawai, kemudian data yang berada di dalam tabel perbandingan harus di blok yaitu dari sel I5 sampai dengan L7, lalu bagian terakhir rumus ketikan letak baris lulusan yaitu terletak pada baris 2 kemudian tekan enter. Lihat gambar 2.2!
Gambar 2.2
3.      Kemudian untuk mencari kolom Gaji Pokok caranya sama dengan di atas namun yang berbeda hanya penulisan rumus yang terakhir yaitu diubah ke baris 3, karena letak gaji terletak di baris ketiga.
Gambar 2.3
Atau juga bisa dengan menggunakan fungsi Lookup di menu insert untuk mencari Bagian ikuti langkah di bawah ini :
a.         Klik menu Insert
b.         Kemudian pilih Function
c.         Pilih Lookup and Reference
d.         Pilih Hlookup
e.         Pilih OK.
f.          Kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini :
           
            Gambar 2.4
g.         Pada Lookup value isikan C6
h.         Pada Table Array isikan nama rangenya, yaitu pada tabel perbandingan antara  
            I5 sampai dengan L7
i.          Pada Row index_num isikan 2 (karena pada tabel sumber Bagian terdapat
pada baris 2)
j.          Pada Range lookup isikan 0. Kemudian klik OK.

Begitu juga jika mencari gaji pokok, langkah yang dilakukan sama dengan langkah diatas hanya saja pada Row Index_num isikan 3 (karena pada tabel gaji pokok terdapat pada baris 3).
SOAL LATIHAN
1.      Apakah yang dimaksud dengan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?
2.      Apakah yang membedakan antara fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?
3.      Perhatikan tabel di bawah ini :
Perintah :
a.       Isi nama Ruang dan Nama Pengawas dengan menggunakan fungsi VLOOKUP!
b.      Isi Nilai Ujian dengan menggunakan fungsi HLOOKUP!


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar