LANGKAH
PEMBUATAN FUNGSI HLOOKUP DAN VLOOKUP DALAM MICROSOFT EXCEL
Tujuan
Pembelajaran :
1. Memberikan
informasi dan pengertian tentang Fungsi Hlookup dan Vlookup dalam Microsoft
Excel.
2. Memberikan
langkah-langkah dan cara penggunaan
fungsi Hlookup dan Vlookup.
3. Menerapkan
Fungsi Hlookup dan Vlookup dalam melakukan tugas/pekerjaan.
A. Pengenalan Fungsi Hlookup dan
Vlookup
Perintah
atau fungsi ini merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk membantu dalam
pembacaan tabel di Ms. Excel. Untuk menggunakan perintah atau fungsi ini harus
dibuat dahulu dua tabel atau lebih yang digunakan untuk pembacaan tabel. Peran
salah satu tabel tersebut adalah sebagai tabel pembaca dan tabel yang lainnya
sebagai jtabel yang dibaca atau tabel sumber
(data source). Didalam
pembuatan tabel tersebut antara tabel pembaca dan tabel sumber harus memiliki
data yang sama sebagai kunci pembacaan.
B. Langkah-langkah pembuatan Fungsi
VLOOKUP (Vertikal Lookup)
Pada
fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya tegak
lurus atau vertikal. Bentuk umum dari fungsi ini adalah seperti berikut
=VLOOKUP(Lookup Value, Table Array, Col_index_num, Range Lookup).
Keterangan
:
1. Lookup
Value : Kunci pembacaan antara kedua
tabel
2. Table
array : Range table sumber
3. Col
index_num : nomor kolom dari tabel
sumber
4. Range
Lookup : selalu bernilai nol (boleh
tidak dituliskan)
Perhatikan
gambar 1.1
contoh
pembuatan Fungsi Vlookup

Gambar
1.1
Langkah
pembuatan :
1.
Buatlah dua tabel seperti gambar diatas
2. Untuk
mencari kolom Lulusan, maka ketiklah =VLOOKUP(C3;G5;I9;2) perhatikan gambar
1.1,
dimana
C3 (kolom C baris 3) adalah kunci pembacaan antara kedua tabel di dalam tabel
gaji karyawan, kemudian data yang berada di dalam tabel perbandingan harus di
blok yaitu dari sel G5 sampai dengan I9, lalu bagian terakhir rumus ketikan
letak kolom lulusan yaitu terletak pada kolom 2 kemudian tekan enter.
3. Kemudian
untuk mencari kolom Gaji caranya sama dengan di atas namun yang berbeda hanya
penulisan rumus yang terakhir yaitu diubah ke kolom 3, karena letak gaji
terletak di kolom ketiga. Perhatikan gambar 1.2 dibawah ini :

Gambar
1.2
4. Maka
dari penulisan rumus diatas akan didapatkan kolom lulusan dan gaji seperti
gambar dibawah ini :

Gambar
1.3
Atau bisa dengan
menggunakan fungsi Lookup di menu insert untuk mencari Lulusan ikuti langkah di
bawah ini :
a. Klik
menu Insert
b. Kemudian
pilih Function
c. Pilih
Lookup and Reference
d. Pilih
Vlookup
e. Pilih
OK.
f. Kemudian
akan muncul kotak dialog seperti ini :

Gambar 1.4
g. Pada
Lookup value isikan C3
h. Pada
Table Array isikan nama rangenya, yaitu pada tabel perbandingan antara G5
sampai dengan I9
i.
Pada Col index_num isikan 2 (karena pada
tabel sumber kelulusan terdapat pada kolom 2)
j.
Pada Range lookup isikan 0. Kemudian
klik OK.
C. Langkah-langkah pembuatan Fungsi
HLOOKUP (Horizontal Lookup)
Fungsi
Hlookup (Horizontal Lookup) ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang
bentuknya melintang (horizontal). Bentuk umum dari fungsi ini adalah sebagai
berikut =HLOOKUP(Lookup Value, Table Array, Row_index_num, Range Lookup).
Jadi yang membedakan
antara Hlookup dengan Vlookup adalah Row Index_num dan Col Index_num sedangkan
yang lainnya sama. Row Index_num yaitu nomor baris dari data sumber.
Untuk lebih jelasnya
perhatikan contoh pembuatan Hlookup di bawah ini :
1. Buat
2 tabel yaitu tabel sumber dan tabel Gaji seperti ini :

Gambar 2.1
2. Untuk
mencari kolom Bagian, maka ketiklah =HLOOKUP(C6;I5:L7;2)
dimana C6 (kolom C
baris 6) adalah kunci pembacaan antara kedua tabel di dalam daftar gaji pegawai,
kemudian data yang berada di dalam tabel perbandingan harus di blok yaitu dari
sel I5 sampai dengan L7, lalu bagian terakhir rumus ketikan letak baris lulusan
yaitu terletak pada baris 2 kemudian tekan enter. Lihat gambar 2.2!

Gambar 2.2
3. Kemudian
untuk mencari kolom Gaji Pokok caranya sama dengan di atas namun yang berbeda
hanya penulisan rumus yang terakhir yaitu diubah ke baris 3, karena letak gaji
terletak di baris ketiga.

Gambar 2.3
Atau juga bisa dengan
menggunakan fungsi Lookup di menu insert untuk mencari Bagian ikuti langkah di
bawah ini :
a. Klik menu Insert
b. Kemudian pilih Function
c. Pilih Lookup and Reference
d. Pilih Hlookup
e. Pilih OK.
f. Kemudian akan muncul kotak dialog
seperti ini :

Gambar 2.4
g. Pada Lookup value isikan C6
h. Pada Table Array isikan nama rangenya,
yaitu pada tabel perbandingan antara
I5
sampai dengan L7
i. Pada Row index_num isikan 2 (karena
pada tabel sumber Bagian terdapat
pada
baris 2)
j. Pada Range lookup isikan 0. Kemudian
klik OK.
Begitu
juga jika mencari gaji pokok, langkah yang dilakukan sama dengan langkah diatas
hanya saja pada Row Index_num isikan 3 (karena pada tabel gaji pokok terdapat
pada baris 3).
SOAL LATIHAN
1. Apakah
yang dimaksud dengan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?
2. Apakah
yang membedakan antara fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?
3. Perhatikan
tabel di bawah ini :

Perintah
:
a. Isi
nama Ruang dan Nama Pengawas dengan menggunakan fungsi VLOOKUP!
b. Isi
Nilai Ujian dengan menggunakan fungsi HLOOKUP!
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar